Bayi Usia 10 Bulan Sudah Banyak Keinginan

Bukan hanya artikel keislaman yang menunggak banyak (sebab saya menulisnya dalam bentuk draft di memo smartphone) tapi juga jurnal di blog ini. Sungguh suatu hal yang kurang terpuji jika saya katakan bayi saya lah penyebab semua itu (meski memang begitu adanya) namun menjadi ibu penuh waktu memang harus mengalami hal tersebut.

baby and bear

sumber pixabay.com

Sudah sepuluh bulan saya membesarkan Lyubi. Waktu yang singkat, cepat, tahu-tahu bayi ini sudah bisa merangkak, sudah punya gigi (walau masih secuil), dan yang lebih hebat dari itu semua, bayi saya sudah punya ‘karep’.

Karep itu tidak boleh dibiarkan liar. Sejak kecil, yang namanya karep itu harus diwaspadai. Tidak selamanya bisa dilakukan, dibiarkan apalagi dilepas liarkan.

Dear Mommies,

Karep atau keinginan, sudah ada sejak bayi lahir namun gejalanya baru tampak ketika mennginjak usia enam bulan ke atas. Ada bayi yang sudah bisa menolak makan (GTM; Gerakan Tutup Mulut). Ada juga yang menunjukkan sikap-sikap lain seperti kepingin sobek tisu banyak-banyak, pukul-pukul setiap benda bergerak, dan seterusnya.

Lyubi termasuk yang punya karep-karep semacam itu. Dan yang terbaru ini, dia sedang senang-senangnya bermain air. Hampir setiap saat maunya jalan ke pancuran, main selang air atau ciprat-ciprat air dari ember besar. Apalagi kalau lihat Oma-nya sedang siram tanaman. Dia sudah menjerit kegirangan dari dalam rumah sambil maksa diantar ke Oma-nya yang basah pegang selang.

Terlihat sederhana, bayi masih kecil sudah punya keinginan banyak–ini dan itu. Tapi, kalau orangtua tidak cermat pada perilaku-perilaku yang tidak baik dari keinginannya itu, orangtua semestinya pandai menahan keinginan sang anak. Sedih, iya. Saat anak kepingin main air siang-siang bolong sementara dia baru saja sembuh dari pilek, saya ingin menangis juga ketika melihatnya rewel karena tidak saya izinkan. tapi, itu yang namanya pendidikan. Tidak semua hal boleh begitu pun tidak semua yang memerlukan pengawasan berarti dilarang.

Bagaimana dengan putra dan putri Anda, para Mommy tersayang? Semoga kita selalu diberi keteguhan hati dalam mengasuh dan mendidik anak-anak kita.

Salam

This entry was posted in Sleepless Mommy: A Parenting Stuff. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bayi Usia 10 Bulan Sudah Banyak Keinginan

  1. Masya Allah selamat yah Bunda

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s