28 September 2018

P_20180909_092812

Aku dan Putriku, seminggu setelah melahirkan.

Putriku bernama Iman Lyubov Dawamova. Hari lahirnya sama dengan filsuf muslim dari Khorasan, Persia (kini Iran), Al-Biruni. Sang fisikawan dan ahli matematika, juga ilmuwan yang ahli di bidang astronomi. Meski banyak juga yang mendebatkan hari lahir Al-Biruni antara 4 September atau 5 September tapi aku meyakininya lahir di tanggal 4 September sama seperti putriku.

Banyak yang bertanya padaku, arti dari nama “Iman Lyubov Dawamova”. Teman-teman dekat juga bingung hendak memanggil putriku dengan panggilan apa.

Iman sebenarnya terinspirasi dari nama sahabatku orang Mesir. Seorang sahabat perempuan yang pernah tinggal bersamaku di Indonesia selama setahun. Namanya Iman Ibrahim (Ibrahim nama bapaknya) meski dalam penulisannya “Eman” karena E dibaca I dalam lafal Inggris. Sahabatku itu, sangat baik, santun, cerdas dan rajin. Dia termasuk salah satu murid pertukaran pelajar ke Indonesia yang paling semangat belajar budaya dan bahasa Indonesia. Dari Eman Ibrahim juga, aku banyak dibantu memahami teks bahasa Arab karena saat itu aku sedang menempuh kuliah S1 Sastra Arab di UNS.

Terpincut dengan kebaikan yang dimiliki Eman alias Iman itu, aku memberi nama putriku Iman. Supaya kebaikan dan juga (dia cantik) bisa menular ke putriku.

Kemudian, nama tengah putriku adalah Lyubov. Dalam bahasa Rusia artinya CINTA. Jadi ya kalau di-bahasa Indonesia-kan, nama tengah putriku itu Cinta. Tapi, nama Cinta sudah pasaran di Indonesia. Seperti Lyubov sudah pasaran di Rusia namun setidaknya jarang ada nama Lyubov di Indonesia, kan?

Dari kata Lyubov ini, kuambil bentuk dasarnya yaitu “Lyubi” yang refer-nya feminin. Karena jika refer-nya maskulin, jadinya Lyuba/Luba. Karena anakku perempuan, jadilah nama panggilannya Lyubi yang artinya juga sama, CINTA. Ada kisah juga tentang nama Lyubi ini, tapi kamu bisa baca lengkapnya di memoar yang kutulis bersama penulis lain dan akan diterbitkan oleh Diomedia Publisher. Sekarang masih proses penulisan.

Terakhir, Dawamova artinya putrinya Dawam. Suamiku namanya Dawami, tapi waktu SMP dipanggil Dawam. Aku sadar betul kalau di Rusia itu ngga ada huruf W. Mereka akan mengubah huruf W dengan B (dibaca V). Tapi karena aku pengen nama anakku macam orang Rusia gitu, jadilah belakangnya Dawamova.

Bagaimana dengan artinya?

Artinya cukup sederhana. Iman Lyubov Dawamova memiliki makna, putrinya Dawam yang memiliki keyakinan dalam cinta.

Kenapa harus keyakinan dalam cinta? Sebab cinta adalah hakikat pembebasan diri di dalam hidup ini. Dengan cinta, seseorang yang berada dalam penderitaan sekalipun akan tetap dapat bersyukur. Dengan cinta, manusia membagi kebaikan pada sesama dan lingkungannya. Dengan cinta, tidak ada perbuatan mencelakakan, tidak ada niat buruk terhadap sesama dan lingkungan. Dengan cinta, seorang hamba akan mencapai kebahagiaan bersama penciptanya. Itulah mengapa, aku berharap putriku memiliki keyakinan kuat di dalam cinta.

 

This entry was posted in Journal. Bookmark the permalink.

1 Response to 28 September 2018

  1. Pingback: 2019 Titik Temu Dua Samudra | mira world web

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s