Bagaimana dengan memasak?

Memasak, bukankah ide bagus untuk menulis?

Dua pekan berlalu. Berharap situasi, proses dan semua usaha ini membantuku melancarkan sedikit, ya, sedikit saja mampet di kepala. Bagaimana bisa menulis lagi? Novel? Berkali-kali menulis novel, melahirkan ragam judul, tidak satupun selesai kecuali ada deadline yang menghantuiku.

Kupikir, selama bulan agustus ini aku bisa membuat sedikit peraturan ketat. Diselingi kegiatan memasak, berbenah, tidur, nonton saluran program masak di youtube. (Ya, youtube sudah mengalahkan Televisi). Dan, peraturan ketat itu sudah mulai terlihat polanya. Muncul beberapa ide kuat untuk menggali sebuah tema besar tentang memasak. Sebuah dunia yang….

kacau.

Bagaimana bisa aku menulis sementara isi kepalaku masih mampet? kekacauan sesungguhnya berada di dalam kepalaku. Apakah itu yang harus kutulis?

aku tidak yakin jika menulis tentang gagasan besar memasak mampu mendongkrak perasaan juri dan bergairah membaca novel yang kubuat. Layaknya mereka berhadapan dengan sepiring steak yang menggugah, medium-rare, juicy. Atau jangan-jangan mereka vegetarian?

Astaga! darimana aku bisa tahu mereka vegetarian?!

Ini masalahnya. kepalaku mampet karena aku terlalu banyak berpikir; bagaimana caranya agar para juri itu mampu menikmati sajian tulisanku seperti menikmati sehidang pasta karbonara terlezat di dunia. (katakanlah mereka makan pasta). Itu suatu kesalahan, kan? Aku tahu dan kepalaku masih saja berkutat di sana. kepalaku berkutat di sana, lho. Percaya nggak?

Apa yang membuatmu merasa nyaman setelah memasak? masakannya? prosesnya? atau bahan-bahannya? atau malah piranti masaknya? yang berdentang-dentang itu karena terbuat dari stainless steel? atau yang berbunyi tak-tok-tak karena terbuat dari kayu yang beradu dengan….stainless steel?

aku sudah gila.

2 Comments

Leave a Reply

