[Part 7] Fakta-fakta dibalik lagu: Любовь – волшебная страна (Love-A Magic Land)

Yeah! Finally! I found this song! 

Liza Kachurak (13 tahun) peserta The Voice Kids of Russia menyanyikan lagu ini dengan sangat bagus. Jujur, saya tahu lagu ini gara-gara Liza menyanyikannya dengan sepenuh hati. Di samping suaranya yang merdu, Liza berhasil “menghipnotis” saya dengan makna dari lagunya yang ternyata mengandung beberapa kata magis!

Penasaran dengan ‘cerita’ dibalik magisnya lagu ini, saya browsing dan menemukan beberapa fakta yang membuat saya terkagum-kagum sendiri. Berikut ini fakta-fakta yang ada dibalik lagu Любовь – волшебная страна (Love-A Magic Land).

60721716_f_16r

Valentina Ponomaryova-dok google

Lagu ini dinyanyikan oleh Валентина пономарева atau nama lengkapnya Valentina Dmitriyevna Ponomaryova (ada juga yang membaca; ponomaryeva). Adalah penyanyi Jazz Rusia. Menurut Wikipedia, dia lahir pada tanggal 10 Juli 1939 di Moscow. Valentina ternyata putri dari Seniman Gypsi (violinist) Rusia bernama Dmitry Ponomaryov dan pianis Irina Lukashova. Sejak kecil, Valentina tumbuh dan terbiasa di kalangan musik klasik Eropa dan musik Gypsi. Masa sekolahnya berpindah-pindah mengikuti orangtuanya. Valentina akhirnya kuliah di Khabarovsk Arts College dan mempelajari dua bidang sekaligus: piano dan vokal. Di college ini, Valentina menaruh minat yang besar pada musik Jazz. Namun, darah “magis” Gypsinya masih terus terasah. Ia diundang bermain teater sebagai penyanyi Gypsi pada drama “The Living Corpse” karangan Leo Tolstoy. Akibat peran dan lagu-lagu yang dibawakannya, drama itu menuai kesuksesan besar.

Tidak hanya dinyanyikan oleh Valentina, lagu ini rupanya termasuk ke dalam salah satu soundtrack drama Rusia tahun 1984 yang berjudul Жестокий романс (A Cruel Romance). Sedikit info tentang drama ini ya. A Cruel Romance mengisahkan Kharita Ignatyevna Ogudalova, seorang bangsawan sekaligus janda yang memiliki 3 anak gadis. Dia menjadi miskin setelah suaminya wafat. Tapi, dia terus berjuang untuk kehidupan anak-anaknya. Ketiga anak gadisnya mencintai musik. Dia berharap, dengan kecintaan tersebut, ketiga putrinya bisa menarik pria-pria lajang yang kaya dan terhormat untuk Setting tempatnya merupakan kota fiksi bernama Bryakhimov pada sekitar tahun 1877-1878.

khx950s8hfSH

Marina Tsvetaeva-dok google

Penulisan lagu Любовь – волшебная страна rupanya melibatkan sastrawan-sastrawan dan musisi-musisi Rusia yang kredibel. Salah satunya, Марина Ивановна Цветаева (Marina Tsvetaeva). Dia lahir pada tahun 1892 dan wafat (bunuh diri) pada tahun 1941. Salah satu penyair Soviet dan Rusia yang karyanya dianggap besar pada abad ke-20. Di tahun yang sama sebelum kematiannya, Suami Marina, Sergei Efron dan Ariadna Efron ditangkap atas tuduhan spionase dan dieksekusi mati. Sebagai seorang penyair liris yang ternyata berkontribusi dalam penulisan lirik lagu Любовь – волшебная страна tidak diragukan lagi kalau diksi yang digunakan dalam lirik itu begitu ritmis dan magis. Tulisan-tulisan Marina selalu menyentuh hati–saya suka sekali dengan puisi-puisinya. (Lain waktu insha Allah akan saya bahas puisi-puisi gubahan Marina Tsvetaeva dan rangkuman biografinya karena pasti akan menarik sekali!).

Жестокий романс [Любовь-волшебная страна]

Я словно бабочка к огню стремилась так неодолимо
В любовь волшебную страну
Где назовут меня любимой
Где бесподобен день любой
Где не страшилась я б ненастья
Прекрасная страна любовь страна любовь
Ведь только в ней бывает счастье
Пришли иные времена
Тебя то нет то лжешь не морщась
Я поняла любовь страна
Где каждый человек притворщик
Моя беда а не вина что я наивности образчик
Любовь обманная страна обманная страна
И каждый житель в ней обманщик
Зачем я плачу пред тобой и улыбаюсь так некстати
Неверная страна любовь
Там каждый человек предатель
Но снова прорастет трава
Сквозь все преграды и напасти
Любовь весенняя страна весенняя страна
Ведь только в ней бывает счастье
Бывает счастье

 

This entry was posted in Russian Language Course. Bookmark the permalink.

4 Responses to [Part 7] Fakta-fakta dibalik lagu: Любовь – волшебная страна (Love-A Magic Land)

  1. Pingback: Momen Pushkin Day 2017 di Indonesia – mira world web

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s