INSERT di dalam Siaran Radio

Masih bulan April kan yaaa? Masih momen-momen Kartini gitu deh. Bukannya telat tapi telat banget, hehe. Euforia film KARTINI tahun 2017 yang dibintangi aktris-aktris ternama Indonesia bikin saya geregetan mau nonton tapi apa daya suami kerja. Jadi saya harus jadi “kartini” yang menanti dengan sabar di rumah dan berharap besok lusa ada waktu untuk bisa nonton film itu dalam format lain di laptop.

Ngomong-ngomong soal Kartini, saya jadi ingat pernah melakukan sesi rekaman dari apa yang telah ditulis oleh R.A Kartini semasa beliau hidup. Waktu itu saya masih berusia…berapa ya…sekarang 2017 usia saya 26, berarti 2013 usia saya…22 tahun! Iya! 22 tahun bo! Luar biasa saya waktu itu sudah berani jadi penyiar lho [muka girang].

Oke, ceritanya malam ini saya jadi kepengen membagi sedikit cerita tentang pengalaman saya itu. Kalau di radio itu kan suka ada selingan-selingan di antara iklan dan lagu ya. Yang orang radio pasti ngerti istilah selingan ini dengan nama INSERT. Jadi, insert itu bisa beragam. Semua bisa disesuaikan dengan kepentingannya.

Kebetulan, saya masuk di awal bulan April 2013 dan langsung dapet tugas yang menurut saya saat itu cukup berat; membuat INSERT bertema Kartini. (Selanjutnya saya juga pernah disuruh bikin insert buat bulan Ramadhan, saya baca quran dan artinya tapi file nya entah berada di mana hiks hiks). Praktiknya, bukan saya sepenuhnya yang bikin. Ada bantuan dari guru-guru senior (penyiar ternama di Solo seperti Owie Basrowie, Nita San dan Artika). However, skrip tetap saya yang bikin. Untungnya, ada mba Artika yang bantu olah vokal dan penjiwaan. Juga ada Clara Uranujunea yang jadi partner kebanggaan; sama-sama dapet tugas serupa. Bayangin, untuk membuat Insert yang cepet ngga ada dua menit, dibikinnya ada kali seminggu wkwkwkwk. Karena memang kita bikin cukup banyak, ada 10 Insert. Jadi lumayan taking vocalnya, belum editnya, masukin lagu, penjiwaan, intonasi dan lain-lain.

Mau denger contoh insertnya? Sila klik di sini:

INSERT tema KARTINI RIA FM SOLO 2013

Leave a Reply

