Majid Fakhry:Penulis Filsafat Sistematis Pertama di dalam Dunia Islam; Al-Kindi (Bagian 2)

Disarikan dari “A History of Islamic Philosophy by Majid Fakhry. Chapter III: Beginning of systematic philosophical writing in The Ninth Century.”

Bagian Kedua

Al Kindi mengutip ucapan Aristoteles, “Kita harus bersyukur kepada nenek moyang yang telah menyampaikan ukuran kebenaran. Sebagaimana layaknya kita sampai pada yang terakhir. Sejauh mereka telah menjadi penyebab bagi keberadaan mereka sekaligus hasil dari penemuan kebenaran kita.”

Tujuan manusia adalah menyambut kebenaran, tak peduli dari manapun ia berasal. Tidak ada yang bisa didambakan dari seorang pencari kebenaran melainkan kebenaran itu sendiri. Dan bagi para pencari kebenaran, kita harus menetapkan sebagaian pandangan para pendahulu kita semudah dan sejelas mungkin.

Kita harus menghindari wacana-wacana yang bertele-tele yang memungkinkan para pencari kebenaran palsu menyalah artikan dan menolak kajian filsafat atas nama agama yang sebenarnya tidak mereka miliki dan semata-mata mereka eksploitasi untuk kepentingan dan ambisi pribadi.

Siapapun yang tidak mau mengakui pencarian kebenaran adalah kufur. Kufur akan pengetahuan kebenaran yang terlibat pada pengetahuan bersifat ketuhanan, keesaan Tuhan, atau apapun yang bersifat luhur atau bermanfaat, juga termasuk sarana untuk melekat pada hal tersebut dan menghindari yang kebalikan darinya. Begitu tulis Al Kindi,seperti yang sudah diajarkan para Rasul sebelumnya.

Tidak ada yang cukup mampu menolak bahwa pencarian kebenaran tersebut sebagai suatu hal yang perlu. Jika seseorang mengaku perlu, maka hal itu menjadi perlu. Jika ia menolak, dia harus memberi alasan penolakan di mana alasan penolakan itu sebenarnya sudah menunjukkan bentuk pengakuan bahwa hal yang ia tolak adalah perlu. Karena hakikatnya, tidak ada orang yang dapat beralasan tanpa tahu alasannya. Atau sebagaimana Aristoteles pernah berkata,

“Tiada seorang pun yang mampu menolak berfilsafat tanpa benar-benar berfilsafat.” [bersambung].

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s