Spirit Comics Volume 4

Saya yakin benar kalau tidak mengenal sahabat saya, si Om rambut jarang-jarang Adiwena Zabda, saya tidak tahu komik ini. Pasalnya, Om Adiwena adalah penulis cerita dari komik strip yang digarapnya duet bersama Ulis A. Komik strip Om Adiwena adalah Jae & Amat. Selanjutnya akan dibahas lebih rinci (walau ngga rinci-rinci amat. keenakan lah ya si Om itu, gue dibayar aja kagak lho :P).

Spirit Comics merupakan komik kompilasi. Di dalam volume empat ada enam komik. Kesemuanya berbeda genre dan gagasan. Saya amat menikmati semuanya. Memang saya tidak pantas mereview komik karena animasi saja saya tidak expert. Hanya sebagai penikmat. Apalagi ketika melihat komik-komik yang ada di Spirit Comics, saya terpana. Begitu kerennya generasi muda Indonesia membuat komik bahkan dari cerita sederhana. Sangat menghibur dan inspiratif!

Komikus pertama, Asep Saepul yang juga salah satu tim editor tampil dengan tokoh komik BARASUNDA. Komik ini mengisahkan jawara daerah Sunda bernama Bara. Saya suka pemilihan diksi yang menggunakan bahasa Sunda dilengkapi catatan arti katanya di bawah kolom. Komik ini mengangkat kearifan lokal masyarakat dan budaya Sunda.Juga mengingatkan saya pada komik-komik zaman baheula, hehehe…

Komikus kedua, Karia Kasbi mengangkat kisah Ragmar Surya. Sama seperti Barasunda, Ragmar Surya juga termasuk action. Tokoh ini merupakan superhero matahari yang jelmaannya mengingatkan saya pada sosok Ultraman. Karya ini mungkin saja, mungkin lho ya, terinspirasi dari animasi ultraman atau ant-man dan sejenisnya. Tapi penggunaan dialog yang ” dan ‘pop-Indonesia’ banget membuatnya jd agak melebur dengan ‘kekinian’ di masyarakat. Gambarnya oke punya, saya suka cara komikusnya menampilkan sosok superhero matahari ini. Atau mungkin sebenarnya dia bukan superhero tapi karena kostumnya kayak superhero saya jadi memutuskan bilang itu superhero? Maklum ya nggak baca dari volume 1 jadi masih meraba-raba. Semoga bisa melengkapi koleksi komik ini supaya tahu jalan ceritanya.

Komikus ketiga Rizka Nurochmania menampilkan komik Kiky’s host and maid Cafe dan tau-tau saya sudah baca bagian keduanya hehehe. Tipe komiknya kayak anime jepang gitu, jujur saya pribadi kurang menikmati genre ini. Meski demikian, komikus ini mencoba mengangkat atmosfer mahasiswa yang aktif dan positif.

Komikus keempat adalah Ari Siswanto. Dengan judul Ganjil, Ari menyuguhkan konten mistis yang selama ini beredar sebagai folklor di masyarakat Indonesia. Sewaktu kecil kita mungkin pernah mendengar nenek atau kakek melarang kita main sampai magrib. Karena, kalongwewe bakalan keluar. Folklor macam ini dengan sederhana namun manis dikemas cukup baik oleh Ari dalam komik Ganjil-nya.

Komikus keenam adalah Ulis A dengan naskah karangan Om rambut jarang-jarang Adiwena Zabda. Komik strip yang mereka angkat terinspirasi dari dua sahabat Adiwena dengan kelakuan mereka yang nyeleneh. Komik strip ini juga bisa dinikmati di facebook. Keseruan antara Jae dan Amat terasa ketika dialog singkat yang lugas mengalir tanpa dibumbui diksi-diksi yang sulit atau terlalu slang. Salah satu ciri khas dari komik strip ini adalah komedi yang mengangkat kehidupan mahasiswa (belum lulus kuliah, keseharian mahasiswa, kejombloan) tanpa harus membuat alur ceritanya pasaran dan murahan. Saya sih, suka banget.

Komikus terakhir Gita Anggesti, menyuguhkan cerita tanpa dialog yang awalnya bikin saya nggak ngerti. Ya, saya emang dongdong soal tanda. Ketika saya sodorkan ke suami, beliau langsung paham inti ceritanya. Komik ini mengingatkan saya pada tokoh Miriam dalam Miriam Blue Lake. Goretan ilustrasinya mungkin tidak sama persis tapi menyerupai serial cantik itu. Ceritanya singkat sekali, tentang perjuangan seorang anak lelaki yang ingin membahagiakan ibunya. Meskipun gagasan “membahagiakan” yang diangkat berupa nilai yang sempurna, saya rasa itu hanya simbol. Kita bisa membahagiakan siapapun dengan apapun sebaik-baiknya bukan?

This entry was posted in Journalistic, Review. Bookmark the permalink.

2 Responses to Spirit Comics Volume 4

  1. Karia says:

    Trims review nya 😀

    Liked by 1 person

Leave a Reply

