coffee-beans-618858_960_720
roasted coffee beans sumber http://www.pixabay.com

Kopi menjadi salah satu komoditas paling laris di dunia. Apalagi di Indonesia, kopi khas nusantara memiliki banyak varian dan rasa yang berbeda. Tapi, tahukah kamu kalau kopi yang saat ini biasa kita nikmati bahkan dijual di cafe-cafe dengan harga tinggi diciptakan pertama kali oleh Muslim di Yaman?

Beberapa sumber mengatakan, antara muslim di Yaman atau Ethiopia menjadikan kopi sebagai minuman paling beken era 1400 M. Menurut legenda, seorang penggembala menemukan bahwa kambingnya menjadi sangat energik dan suka melompat setelah mereka mengonsumsi biji dari jenis pohon tertentu. Hal ini mendorong penggembala berani mencoba mengonsumsi biji tersebut dan merasakan energi berlebih setelah memakannya. Beberapa kali, tradisi memanggang biji tersebut (yang ternyata adalah biji kopi) dan menyeduhnya dengan air kian dikembangkan sampai akhirnya lahirlah minuman kopi yang kita nikmati hari ini.

Nah, terlepas dari apakah kisah gembala itu benar atau tidak adanya, kopi menemui jalannya dari sepanjang dataran tinggi Yaman ke seluruh Kekaisaran Ottoman (kerajaan muslim terkemuka di abad 15). Bahkan kedai-kedai kopi marak di dunia muslim kala itu; Cairo, Istanbul, Damaskus dan Baghdad. Kopi bisa sampai ke Eropa berkat kota pedagang besar Venesia. Pada awalnya, otoritas katolik mengecam bahwa kopi adalah “minuman muslim”, kopi akhirnya menjadi bagian dari budaya Eropa.

Sejak tahun 1600 itu, para filsuf bertemu dan membahas isu-isu seperti hak asasi manusia, peran pemerintah dan demokrasi. Diskusi ini yang akhirnya melahirkan The Enlightenment, salah satu gerakan intelektual yang paling kuat di dunia modern.

Nggak nyangka ya, ternyata dari situ mulanya biji kopi bisa jadi minuman nikmat. Met ngopi ya, teman-teman…

Disarikan dari:

http://lostislamichistory.com/5-muslim-inventions-that-changed-the-world/