Film My Stupid Boss

maxresdefault
dokumentasi google

Trailer My Stupid Boss mengantarkan saya menonton film ini. Tidak biasanya saya menyukai film dari trailer. Trailer bagus atau tidak bagus biasanya tidak mempengaruhi saya. Misalnya saja, AADC yang pertama. Dulu saya bahkan tidak tahu trailernya seperti apa. Saya hanya tahu dari reviewers kalau di dalamnya ada puisi Chairil Anwar yang diangkat dan melesap masuk ke dalam cerita. Maka saya tonton AADC. Kini, saya menyimak betul trailer AADC 2, dan di tengah gegap gempita masyarakat Indonesia yang rindu dengan Genk Cinta, saya malah merasa biasa-biasa saja. Trailernya juga tidak mengundang hasrat saya untuk menonton. Film My Stupid Boss lebih menarik perhatian saya. Tidak biasanya film komedi memiliki nilai-nilai humanis. Kebanyakan hanya komedi “asal komedi”. Hanya mengundang tawa dan minim filosofis. Kali ini, cukup melihat trailernya, saya sudah mengerti; film ini akan menceritakan juga secara implisit arti dari keragaman dan pentingnya harmonisasi bermasyarakat.

Selain trailer, para pemain dari Malaysia juga membuat saya terkagum-kagum dengan film ini. Mungkin karena saya memang jarang sekali menonton film Malaysia meski saya sangat suka bahasa Melayu. Jadi, setelah sekian lama tidak nonton film Malaysia, saya merasa disegarkan kembali dengan kehadiran pemeran Malaysia. Diantaranya ada Atikah Suhaime, Iskandar Zulkarnain, Chew Kinwah dan Bront Palarae. Keempatnya merupakan pemeran asli negeri Jiran dengan berbagai latar belakang etnis namun kemampuan mereka dalam berakting komedi di film ini oke punya.

Di sisi lain, saya merasa gembira bahwa sutradaranya mau mengangkat cerita ini. Cerita yang bisa saja tidak diangkat ke layar lebar dan ditonton ribuan orang. Selama ini sudah cukup banyak orang awam dengan perspektif buruk terhadap orang-orang Malaysia. Tapi saya yakin orang Malaysia pun sama dengan Indonesia ada yang beretika ada juga yang tidak. Intinya, cerita ini mengisahkan bossman yang diperankan dengan brillian oleh Reza Rahadian, sebagai bos gila yang mungkin udah sakit jiwa kali ya, tapi masih punya hati nurani dengan orang-orang disabilitas. Bossman punya asisten yang nama posisinya itu Kerani alias kepala administrasi diperankan dengan lucu dan pas banget oleh Bunga Citra Lestari sebagai Diana. Keduanya menjalani hubungan yang ngga sehat selama di kantor bersama empat karyawan administrasi lain plus banyak banget pekerja ilegal di pabrik si Bossman.

037411800_1460708674-my_stupid_bos_4
salah satu adegan di My Stupid Boss. dokumentasi google.

Suami Diana adalah seorang konsultan bisnis yang kerjanya cukup pake piyama di rumah dan bisa duduk di depan laptop kapan aja sambil angkat telfon. Diperankan dengan koplak dan begitu sabarnya oleh Alex Abbad. Jujur pas nonton bagian Diana dan Suaminya, saya jadi ingat dengan calon suami saya (hahaha). Calon suami saya itu orangnya ya ngga jauh-jauh dari karakter si suami Diana itu. Meskipun serius di depan laptop tapi masih bisa dan mau dengerin istrinya curhat. Agak absurd juga (mungkin karena berkawan cukup lama dengan si Bossman, karena Bossman dulunya temen akrab suaminya Diana). Tapi punya suami kayak gitu sebenarnya menyenangkan. Orangnya loyal dan sabar sama perempuan meskipun kadang ngga bisa terang-terangan benci sama orang yang ngga disukain sama istrinya.

Intinya, film ini adalah salah satu film terbaik yang menjadi hiburan saya di tahun 2016. Salut dengan kerja keras Reza Rahadian dan semua pemainnya. Tidak mudah lho mengangkat peran mereka-mereka itu. Pokoknya semua elemen film ini saya suka. Kekurangan akan selalu ada, tapi selama esensinya bisa kita ambil kenapa nggak?

Semoga ke depannya akan banyak film Indonesia yang cerdas dalam genre apapun dan menggaet pemain film dari negara-negara luar minimal di daerah Asia Tenggara.

Leave a Reply

