Rusia dalam Kilasan Sejarah

Bangsa Rusia merupakan unitas kolosal dua dunia yakni peradaban Byzantium Romawi (Romawi Timur dengan ibu kota di Konstantinopel) yang merupakan pertemuan Timur dan Barat dan memiliki sejarah tersendiri. Menurut Filsuf Rusia, Nikolai Berdyaev, Rusia dikenal hanya dengan perpindahan kota. Sejarah Rusia dibagi melalui pemindahan kota: pertama di Kyiv, kedua di Moskwa, ketiga di St-Petersburg (Stalingrad) dan keempat kembali lagi ke Moskwa tahun 1917 saat revolusi sosial.

Periodisasi Sejarah Rusia

  1. Periode prasejarah. Rusia dari abad ke-4 sampai ke 9 SM.
  2. Periode Kyiv, dimulai dari 882-972 M, berkuasa pangeran (kniaz) Oleg dan pemerintahan Pangeran Sviatoslav.
  3. Periode kedua Kyiv, muncul penguasa bernama Vladimir dan Yaroslav yang Arif (Mudrey). Pada masa Vladimir, ia mengristenkan Rusia dari Byzantium. Pemikiran Byzantium masuk ke Rusia, sementara peradaban Latin tidak diterima di Rusia. Pemikiran Byzantium membentuk struktur pemerintah yang hirarkis dalam bangsa Rusia.
  4. Perode ketiga Kyiv, redup dan jatuh. Periode ini terpecah belah dan berakhir pada kekuasaan Vladimir Monomakh yang berkuasa dari 1113-1125 M. Ada juga yang mengatakan bahwa hancurnya Kyiv pada masa kekuasaan Mstislav, cucu dari Monomakh pada 1125-1132 M.
  5. Periode kebangkitan Kyiv. Memuat sejarah bangsa Rus dan timbulnya Kyiv menjadi negara Kyiv. Dari sini dipaparkan pembentukan negara Kyiv mewarnai sejarah Rusia selanjutnya sampai modern sekarang.

Definisi Bangsa Rusia

Bangsa Rusia adalah salah satu dari kelompok bangsa Slavia yang termasuk ke dalam keluarga Indo-Eropa. Mereka diperkirakan berasal dari daerah yang saat ini terletak antara Polandia-Ukraina yang menghasilkan kebudayaan Lusatian tetapi menghilang kira-kira pada tahun 500 SM. Kebudayaan Lusatian muncul lagi dalam bentuk kebudayaan Wendish pada awal masa kekristenan muncul. Sedangkan wilayah Rusia bagian selatan didapati sekelompok masyarakat bangsa Sychtian. Bangsa ini melakukan kontak dagang dengan bangsa Yunani. Peran bangsa Sychtian diganti oleh bangsa Sarmatian kira-kira 200 tahun SM.

Pada abad pertama, Rusia dihuni oleh suku Alan, yang berasal dari daerah Timur tetapi pada abad ke-2 dan ke -3 mereka digantikan oleh suku Goth yang berasal dari Barat. selanjutnya pada abad ke-4 daerah ini diduduki oleh bangsa Hun dan Bulgar dan digantikan oleh bangsa Avar pada abad ke-6 dan ke-8 M.

Tiga kelompok besar bangsa Slavia:

  1. Slavia Barat mendiami daerah Polandia, Ceko dan Slovakia.
  2. Slavia Selatan mendiami Serbia, Kroasia, Slovenia dan Bulgaria.
  3. Slavia Timur menjadi bangsa Rusia yang terdiri dari Rusia Besar di bagian Utara, Belarusia (Rusia Putih) di bagian Tengah dan Rusia kecil di bagian selatan (Ukraina).

Penyerangan dan aneksasi bangsa Rusia (slavia) berasal dari berbagai pihak diantaranya:

  • Bangsa Khazar di antara laut Kaspia dan laut Hitam.
  • Bangsa Varangian dari Skandinavia.
  • Bangsa Magyar yang telah berhasil menguasai Hongaria.
  • Bangsa Patzinak/Pecheneg.

Sebab itu, Rusia membentuk suatu traktat dan mengundang bangsa Varangian agar memerintah mereka. Kerajaan Varangian kemudian mengutus tiga bersaudara, yakni Rurik, Seneus dan Turav. Tahun 862 M, Rurik menerima masyarakat Novgorod untuk memegang kekuasaan sampai ia meninggal tahun 879 M. Persyaratan di dalam traktat tersebut yaitu penguasa asing yang memerintah Rusia harus tunduk kepada tradisi asli dan adat istiadat bangsa Rusia. Tradisi yang dimaksud adalah kebebasan yang harus dijaga.

Kebebasan dalam Rusia berarti anarki (tidak adanya pemerintahan terpusat) dan harus menghargai institusi yang ada yakni Veche, Mir, dan Abschina.

  • Veche adalah dewan perwakilan yang terdiri dari orang dewasa.
  • Mir adalah institusi yang mengatur aspek kehidupan bangsa Rusia misalnya pertanian.
  • Abschina adalah institusi arkaik Rusia di dalamnya demokrasi ala Rusia berkembang.

Disarikan dari buku: Geliat Islam di Rusia

Penulis: M. Aji Surya dan Frassminggi Kamasa

Penerbit/Tahun Terbit: Penerbit Buku Kompas/2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s